17 Des 2014

Mau Cari Partner Usaha yang Tepat? Baca Ini Dulu

"Mau Cari Partner Usaha yang Tepat? Baca Ini Dulu" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Partner usaha adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha. Memilih partner bisnis yang tepat menjadi hal yang mutlak untuk mendukung keberhasilan usaha kita.

Seorang partner usaha yang tepat adalah memiliki dasar kesamaan visi dan misi sehingga usaha yang dijalankan bisa sehat. Kita dapat bekerja secara sinergi dengan partner usaha kita. Dalam hal ini, pemilik Holycow! Steakhouse by Chef Afit, Afit Dwi Purwanto dan Luci Wiryono, membagikan tips mencari partner usaha yang tepat untuk kita. Berikut tipsnya.
Mau Cari Partner Usaha yang Tepat? Baca Ini Dulu

Job Description Harus Jelas

Pembagian kerja dengan partner usaha kita harus benar-benar jelas diawal dengan melakukan kesepakatan-kesepakatan kerja. Hindari double job yang akan membuat pekerjaan jadi tumpang tindih tidak jelas. Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan belakang hari. Pembagian tersebut termasuk juga dalam hal pembagian profit, aset, dan segala hal yang menyangkut usaha kita.

Mengutamakan Pentingnya Proses

Memiliki orientasi hasil dan target di masa depat adalah suatu hal yang penting. Tapi jangan sampai kita melupakan pentingnya sebuah proses. Proses merupakan perjalanan penting sebuah usaha. Baik dan buruknya proses akan menjadi pelajaran dan pengalaman berarti dalam mengembangkan usaha di masa mendatang.

Trustment (Kepercayaan)

Kepercayaan adalah nilai tertinggi. Seperti ungkapan Lucy Wiryono, “Trust is the highest currency”. Memberikan kepercayaan kepada partner usaha serta karyawan adalah sebuah hal yang penting untuk membangun usaha. Mustahil kerjasama akan terjalin dengan baik bila tanpa adanya kepercayaan satu sama lain.

Performance (Kinerja)

Mencari partner usaha tidak dapat dilakukan dengan asal tunjuk, hanya karena sudah kenal baik, kawan lama, atau saudara dekat. Yang paling penting adalah kinerja yang baik, sesuai dengan kemampuan partner bisnis tersebut serta dapat memenuhi apa yang dibutuhkan dalam bisnis yang kita jalankan. Menjadi hal yang percuma mengenal dengan baik calon partner bisnis kita, tapi dia tidak memiliki kapabilitas yang mumpuni dalam bidang yang kita butuhkan.

Values

Substansi dari sebuah pengembangan bisnis adalah adanya nilai atau kultur baik yang dibawa ke dalam kehidupan sehari-hari. Menjalankan bisnis bukan hanya sekadar mencari keuntungan lho, tetapi juga bisa mendapatkan nilai-nilai baik guna mengembangkan kultur bisnis yang sudah ada.

Apakah anda adalah seorang enterpreneur? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑