26 Des 2014

Selulit Fasialis

"Selulit Fasialis" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Selulit Fasialis
Perluasan infeksi odontogenik hingga ke regio bukal, fasial, dansubkutaneus servikal, sehingga berkembang menjadi selulitis fasialis dapatmenyebabkan kematian jika tidak segera diberikan penanganan yang adekuat,Infeksi odontogenik biasanya disebabkan oleh Streptococcus sp sertamikroorganisme anerob negatif lainya, namun pada dasarnya, infeksi odontogenikmerupakan infeksi campuran, baik dari bakteri anaerob, maupun bakteri aerob.Pada 88,4 % kasus selulitis fasialis, penyebabnya adalah infeksi odontogenik yangberasal dari pulpa dan periodontal, yang berusaha untuk mencari jalan keluar.Faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran ini antara lain : mikroorganisme,asal infeksi, toksisitas yang dihasilkan dan dikeluarkan mikroorganisme, keadaanumum pasien, serta faktor lokal.

Terdapat beberapa klasifikasi selulitis, salah satunya adalah selulitis difusakut (Ludwig’s Angina, Selulitis yang berasal dari inframylohyoid, Selulitissenator’s difus parapharingeal, Selulitis fasialis difus, serta fascitis necrotizingdan gambaran atipikal lainnya), serta selulitis kronis. Selulitis fasialis yang paling sering dijumpai adalah Ludwigs Angina, selulitis bilateral yang mengenai 3spasium, yaitu spasium submandibula, sublingual, dan submental. Gejala lokalselulitis antara lain pembengkakan yang mengenai jaringan lunak/ikat longgar,sakit, panas, kemerahan pada daerah pembengkakan, trismus, dan dasar mulutserta lidah terangkat. Sedangkan gejala sistemiknya antara lain temperatur tinggi,nadi cepat dan tidak teratur, malaise, lymphadenistis, peningkatan jumlahleukosit, dll. Dalam penanganannya, terdapat empat prinsip dasar, yaitu eliminasikausa, drainase, pemberian antibitiotik, serta perawatan pendukung (istirahat dannutrisi yang cukup)
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑