29 Mar 2015

Amazing Traveller Series : Tapaktuan, Legenda Naga dari Aceh Selatan.

"Amazing Traveller Series : Tapaktuan, Legenda Naga dari Aceh Selatan." menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Para Amazing Traveller, Tapaktuan merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Kota ini memiliki luas 92,68 km² dengan jumlah penduduk sekira 22,343 jiwa. Saat Tsunami 2004, kota ini terlindungi oleh Pulau Simeulue sehingga terjangan ombak yang dahsyat terpecah dan berkurang intensitasnya ketika sampai di pesisir pantai. Kota ini berada diketinggian 500 m dpl sehingga memiliki iklim tropis basah dengan keindahan alam, gugusan pantai berkarang, dan teluk yang memesona. Wisata bahari yang dapat dijumpai bagi Amazing Traveller di sini, seperti di Pantai Teluk Tapaktuan dan Pantau Labuhan Haji, Pantai Ujong Batee. Ada pula tujuan wisata menarik lainnya, yaitu, Wisata Air Dingin, Panorama Hatta, Pulau Dua, Genting Buaya, Ia Sejuk Panjupian, Air Terjun Twi Lhok, Batu Berlayar, atau Gua Kalam. 

Kota Tapaktuan menyimpan cerita menarik tentang legenda naga dan wisata bahari yang alami belum banyak diketahui dan dikunjungi. Aceh Selatan, ada beberapa tempat wisata yang ramai dikunjungi di Aceh Selatan pada hari-hari libur. Biasanya beberapa pengunjung berasal dari wilayah Pantai-Barat Selatan Aceh, seperti Abdya, Nagan Raya dan sejumlah kabupaten/kota lain di wilayah Aceh.

Ini dia salah satu kawasan wisata yang diminati para pengunjung diantaranya:

1. Pemandian Air Dingin

Pemandian Air Dingin
Pemandian Air Dingin, begitulah sebutan kawasan wisata yang terletak di desa Lhok Pawoh, Kecataman Sawang, Kabupaten Aceh Selatan. Objek wisata yang tiap harinya ramai dikunjungi masyarakat setempat maupun pendatang ini memiliki area pemandian yang luas, air yang dingin serta panorama alam pegunungan yang indah dan memberi kesegaran. 

Objek wisata yang berlokasi sekitar 30 kilometer dari Kota Tapak Tuan ini merupakan salah satu tujuan wisata utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain mudah dijangkau karena bertempat di pingiran jalan raya Balang Pidie- Tapak Tuan, di kawasan ini juga terdapat sejumlah rumah makan dan cafe yang menyediakan berbagai ragam makanan dan minuman serta mushalla yang bersih dan terata rapi.

Air terjun yang indah, bebatuan yang besar dan tinggi seakan telah menjadi ciri khas objek wisata ini. Kawasan pemandian air dingin juga hanya berjarak 100 meter dari pesisir laut yang berpasir putih. Sehingga bagi para Amazing Traveller yang ingin mandi dan menikamati panorama laut akan dengan mudah menjangkaunya.

2. Pantai Ujong Batee 


Wisata ujong batee berlokasi di terbangan, sekitar 17 kilometer dari kota tapaktuan. Bagi para Amazing Traveller yang suka menikmati sunset disinilah lokasi yang tepat.

Sambil menikmati senja tiba, para Amazing Traveller bisa memesan kuliner yang disediakan pondok-pondok terutama mie aceh dan kuliner khas lainnya.

Sentuhan suasana  pedesaan yang damai dan alami akan kalian dapatkan disini, bila bosan kalian bisa mandi dilaut maupun bermain pasir putih, atau menjelajah sepanjang garis pantai, berharap menemukan sesuatu yang baru.




3. Pemandian Panjupian

Objek wisata Pemandian Panjupian berada di Desa Panjupian yang terletak sekitar 6 km dari Tapaktuan ibukota Kabupaten Aceh Selatan, mulai semakin digemari masyarakat, sebagai tempat tujuan pariwisata bersama keluarga terutama pada hari-hari libur.

Lokasinya terletak dikaki bukit berdekatan dengan jalan Negara menuju propinsi Sumatera Utara dari Banda Aceh melalui jalur Barat Selatan propinsi Aceh. Dari Tapaktuan melalui satu bukit ke lokasi dengan pemandangan panorama alam nan indah.

Penataan dengan memanfaatkan air sungai yang sejuk bening itu, dengan pembuatan kolam-kolam pemandian yang dilengkapi dengan pondok-pondok wisata, warung, tempat solat dan berbagai fasilitas public lainnya. Perancangan sedemikian rupa sehingga utuh menyatu dengan alam. Saat ini tercatat 2.000 hingga 3.000 orang setiap bulannya berwisata kesitu. Jumlah ini terus mengalami peningkatan secara pesat mengingat promosi pemerintah daerah yang cukup gentar untuk mengenjot pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

4. Pemandian Tingkat Tujuh

Tempat wisata ini sangat unik karena tempat pemandiannya bertingkat-tingkat sampai tujuh tingkat. Setiap tingkatannya memilik kolam yang bisa menjadi tempat berenang. Dalam legenda Tuan Tapa di ceritakan bahwan bahawa air terjun ini merupakan tempat pemandian puteri bungsu ( puteri naga ). Lokasinya terletak di kecamatan tapaktuan, desa batu hitam.

Tempat wisata yang sangat cocok di kunjungi jika akhir pekan dan hari libur karena akan memberikan suasana santai dengan pepohonan yang rindang, serta udara sejuk pegunugan yang akan membuat diri anda rileks dan nyaman.

5. Tuan Tapa

Tapaktuan sangat terkenal dengan sebuah Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga. Cerita tersebut sangat hidup didalam masyarakat disana yang sangat mudah untuk dapat kita dengar dari A sampai Z. Adapun Legenda tersebut dibarengi dengan ornamen ornamen yang memiliki bentuk dan rupa seperti yang tersebut di dalam cerita tersebut.

Sebuah tempat wisata sejarah yang dapat di kunjungi yang menjadi bukti sejarah legenda tuan tapa, putri bungsu dan naga. Bukti legenda itu masih bisa di jumpai seperti bekas telapak kaki tuan tapa yang terletak di Gunung Lampu, Kota tapaktuan dan menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

Seni dan Budaya

Selain menyajikan wisata alam yang menyejukkan Aceh selatan juga memiliki budaya seni yaitu Dabus Rapa’i Ngadap yang biasanya dilaksanakan di meunasah (mushalla) pada malam Jumat dengan menggunakan rapa’i atau gendang tanpa zikir. Dabus Rapa’i biasanya dilaksanakan pada upacara pernikahan dan perayaan lainnya, kesenian ini adalah gabungan antara seni tari dan ilmu metafisika yang mendemonstrasikan ilmu kebal.

Ada juga Seni Teater Haba yang merupakan seni bercerita dalam bentuk puisi. Cerita rakyat, dongeng, ataupun legenda dituturkan dengan iringian alat musik suling, gendang, dan tetabuhan lainnya. Sajian atraksi budaya lainnya adalah tari Ratoh Bantai, yaitu tarian yang digabung dengan nyanyian dibawakan 12 orang penari dan 1 syech sebagai pemimpin. Ada juga tarian serupa yaitu Rapa’i Galeng yang dinarikan 16 orang dan 1 orang syech.

Transportasi dan Akomodasi

Kota Tapaktuan dapat dituju melalui Bandar Udara Teuku Cut Ali Tapaktuan dari Bandar Udara Polonia Medan atau Bandar Udara Iskandar Muda di Banda Aceh. Akan tetapi, mengapa tidak Anda menjelajahi jalur daratnya yang mengagumkan dimana jalur tempuh dari Banda Aceh menyajikan pemandangan pesisir pantai yang memukau dan salah satu gugusan pesisir terpanjang di Sumatera. Begitu pula jalur tengahnya melalui Trans Sumatera yang menyuguhkan gugusan Bukit Barisan yang megah.

Jalur tempuh darat dari Kota Medan ke Kota Tapaktuan sekira 8 jam perjalanan dan dari Meulaboh Aceh sekira 3 jam. Anda dapat memanfaatkan kendaraan sewaan, angkutan umum bus atau taksi.Pilihan lain dapat pula menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Laut Sibolga Sumatera Utara, Pelabuhan Padang Sumatera Barat, Pelabuhan Sinabang di Semeuleu, Singkil, dan Pulau Banyak di Aceh Singkil.

Untuk berkeliling di kota ini, Amazing Traveller dapat memanfaatkan moda transportasi seperti Taksi di Kota Tapaktuan dengan mudah. 1. Surya Intan Nusa Taksi, Jalan Merdeka No. 80, Telepon 0656 21053, 2. Halim Taksi Jalan Merdeka No. 235, Telepon 0656 21687, 3. Widuri Taksi-Wisata Taksi-Prima Jasa, Jalan Merdeka No. 80, telepon 0656 21687.

untuk penginapan, Amazing Traveller tak usah khawatir, karena Ada beragam hotel, losmen, dan penginapan di Kota Tapaktuan. Berikut ini beberapa referensinya. 1. Chaterin Hotel Jl. T. Ben Mahmud No.6 Telp. 0656 21314, 2. Azizi Hotel Jl. T. Ben Mahmud No. 202 Telp. 0656 323134; 085277071093, 3. Metro Hotel Jl. T. Ben Mahmud No. 17A Telp. 0656 21797, 4. Wisma lampit Jl. Nyak Adam Kamil, 5. Losmen Mulia Jl. Pelabuhan No.2, Labuhan Haji, 6. Losmen Jambu (Sukur) Jl. Ahmad Yani No.13 Telp. 0656 21365, 7. Losmen Restu Selatan Jl. Merdeka No.72 Telp. 0656 21262, 8. Losmen Yogya Jl. Merdeka No.50 Telp. 0656 21053, 9. Losmen Losmen Panorama Jl. Merdeka No. 33 Telp. 0656 21004.


Sumber : indonesia[.]travel, anakrantauacehselatan, acehplanet[.]com, dll
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑