3 Okt 2015

Berbohong Salah Satu Pemicu Insomnia

"Berbohong Salah Satu Pemicu Insomnia" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Berbohong menjadi salah satu pemicu insomnia

"Kamu jangan suka bohong ya nak, gak baik!" Kira-kira seperti itu ajaran yang kita dapat sejak kecil. Kita dididik untuk tidak berbohong karena kebohongan pastilah menimbulkan banyak dampak negatif bagi orang lain maupun diri sendiri.

Tahukah kamu kalau salah satu kerugian dari berbohong adalah memicu insomnia alias susah tidur?

Dilansir dari menshealt study yang bertajuk 'The Science of Honesty Project' yang dipimpin oleh dr. Anita E Kelly PhD dan Lijuan Wang, melakukan sebuah penelitian tentang dampak tindakan berbohong terhadap fisik dan mental pelakunya. Dalam penelitian tersebut mengambil 72 orang dewasa sebagai sampel selama lima minggu. Mereka diminta untuk menyelesaikan tes polygraph dan tes kesehatan anonim secara acak.

Para peserta dituntut untuk berkata jujur setiap waktu. Semua pertanyaan mengharuskan peserta untuk memberikan jawaban secara tulus dan penuh tanggungjawab.

Dari hasil penelitian tersebut, peserta yang berkata jujur bisa menikmati tidurnya dengan nyenyak dan bermimpi indah. Sementara mereka yang berkata bohong mengaku susah tidur dan bahkan tidak bisa tidur dengan nyenyak.

dr. Kelly memberikan hipotesis dari hasil penelitian tersebut bahwa kebiasaan berbohong ternyata dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat. Ia juga mengungkapkan kondisi saat ini bahwa jarang sekali orang yang mau berkata jujur dan tulus kepada orang terdekatnya. Banyak anggota masyarakat yang mengabaikan kepercayaan dan kejujuran dalam diri mereka.

Dari uraian itu saja sudah nampak satu dampak negatif dari kebohongan, yakni insomnia yang tentu bisa memberi dampak terhadap masalah kesehatan fisik kita. Itu artinya, mereka yang suka berbohong dalam hidupnya memiliki kecenderungan fisiknya juga tidak sehat.

Kalau kalian masih suka berbohong, mulai sekarang, yuk kita belajar untuk jujur kepada siapapun, termasuk diri kita sendiri. Jujur pasti akan membawa kebaikan guys...!!

Semoga bermanfaat.

Sumber: forum.viva.co.id
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑