25 Okt 2012

Tamborasi - Sungai Terpendek di Dunia

"Tamborasi - Sungai Terpendek di Dunia" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Bila Sungai Nil, sungai yang membentang di wilayah Afrika, diakui sebagai sungai terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 6.650 km, Indonesia memiliki sungai terpendek di dunia. Adalah Sungai Tamborasi yang dinobatkan sebagai sungai terpendek di dunia dengan panjang hanya mencapai 20 meter dan lebar sekitar 15 meter.

Sungai Tamborasi terletak di provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kecamatan Tamborasi Kabupaten Kolaka. Untuk sampai di sungai mini tersebut, anda bisa mengakses melalui jalur darat. Jaraknya sekitar 90 km dari pusat kota Kolaka dengan menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam.

Tamborasi - Sungai Terpendek di Dunia

Ukuran mini dari Sungai Tamborasi ini membuatnya tidak tampak layaknya sungai, namun lebih mirip seperti sebuah danau. Tetapi adanya aliran air menunjukkan bahwa Tamborasi memang sebuah sungai. Situs ensiklopedia terbesar di dunia, Wikipedia, juga mengakui catatan tentang sungai terpendek di dunia ini.

Yang menarik adalah meski terbilang mini, sungai ini masih sangat asri dan terjaga kelestariannya. Air yang jernih kehijauan mampu menghipnotis masa pengunjung yang melihatnya. Sangat berbeda dengan pemandangan sungai-sungai besar di perkotaan, apalagi di Jawa. Pengunjung bisa menikmati aktivitas berenang di air segar yang menyenangkan. Tidak hanya itu, pepohonan rindang yang ada di sekitarnya membuat suasana semakin sejuk dan segar.

Menikmati kesejukan dan kehangatan Tamborasi


Jika Anda berenang ke hulu, Anda akan langsung berhadapan dengan pantai Tamborasi. Di sini pemandangan yang ada lebih menakjubkan lagi. Pasir putihnya yang cantik mampu melengekapi keindahan pemandangan alam di sini. Namun berbeda dengan di sungai, air di pantai Tambora bersuhu lebih hangat. Dengan demikian Anda memiliki dua pilihan air, antara segar dan hangat.

So jika Anda berinisiatif melakukan liburan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Sebagai tambahan, saat menuju sungai, Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang menawan dari gunung marmer di sepanjang jalan.

Tamborasi bukan hanya sebagai situs berharga bagi Indonesia. Keindahan alam, kesejukan dan kesegaran suasanya pun tersaji bagi para pengunjung yang datang untuk menikmati liburan bersama keluarga di Tamborasi, sungai terpendek di dunia.
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑