3 Okt 2013

Rindu Nge-Blog Lagi (Cerita Blogger)

"Rindu Nge-Blog Lagi (Cerita Blogger)" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Rasanya sudah lama saya tidak nulis di blog, baik blog pribadi ataupun blog-blog saya yang lain. Terlalu banyak punya blog memang membuat saya bingung mau nulis apa dimana. Padahal, semakin banyak pilihan mestinya memudahkan saya untuk menulis apapun di blog manapun yang saya punya.

kangen blog Meski tema blog nya berbeda-beda, ada pula blog saya yang spesifik untuk tema tertentu, ada pula yang gado-gado alias menampung tema tulisan apapun. Tapi terkadang memang sulit untuk mendapatkan mood menulis sehingga ide-ide pun tak kunjung nyantol di kepala.
Lebih dari itu, meski sebenarnya hampir setiap hari di depan komputer dan bisa mengakses internet hampir setiap saat, kesempatan di depan komputer justru lebih banyak habis untuk pekerjaan saya. Entah ini disebut pekerjaan atau bukan, tapi dari sinilah saya lebih banyak mendapat pemasukan finansial.

Saat Happy Dengan Blog

Saya mulai mengenal dunia blogging sejak tahun 2006. Karena mulai dari nol dan tanpa ada yang mendampingi dan tidak punya motivasi yang kuat untuk menulis dan berbagi, sedikit saja mentok.. tinggalin deh blog nya dan bikin blog baru. Terus saja begitu sampai kira-kira setengah tahun. Baru pada pertengahan 2010 saya mulai mengenal Google Adsense yang menawarkan penghasilan dari internet. Dari situlah muncul lagi rasa penasaran dan motivasi untuk nge-blog kembali bangkit.

Lagi-lagi hanya berbekal searching di google untuk mendapatkan jawaban atas masalah-masalah yang saya temui saat nge-blog. Gonta-ganti template, otak-atik html, sampai masalah-masalah bagaimana bikin blog jadi ramai. Berharap blog saya bakal banyak dikunjungi orang dan saya bisa earning dari adsense. Sampai saya bertemu seorang teman yang lebih dulu mendalami dunia blogging dan mengenalkan kepada saya tentang teknik-teknik curang biar bisa earning banyak dari google adsense tersebut. Istilah kerennya teknik blackhat.

Earning nya sih mantab, tapi ga bertahan lama, puluhan akun google adsense dibantai sama si mbah... hehe. Setelah periode google adsense, saya masih penasaran untuk membuat blog yang ramai visitor. Tapi tak kunjung berhasil sampai penelusuran saya bertemu dengan yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Ini yang saya tekuni sampai sekarang.

Dari Blogging Sampai Buka Jasa SEO

Setelah saya mengenal SEO, tidak serta-merta memberikan hasil, karena SEO memang bukan suatu yang instan, butuh analisa dan ketelatenan dalam mengerjakannya. Selama beberapa bulan menjalankan trik-trik SEO, tampaknya mulai ada hasil meskipun belum sesuai yang diharapkan. Visitor belum juga tembus 1k UV/day.

Ketemu ada kontes SEO, jadi pengen nguji sejauh mana hasil belajar saya yang otodidak, ga terarah, asal-asalan, dan ga tau sudah benar atau belum. Dalam pelajaran filsafat ilmu yang pernah saya dapat di bangku kuliah, kebenaran ilmu memang harus diuji. Saya merasa ini adalah wadah yang tepat untuk menguji hasil belajar saya tentang SEO. Dan hasilnya.... jebreeettt!!! Langsung peringkat satu.... Yesss, ternyata elmunya dah bener. Tapi sayang, ternyata kontes nya fake dan saya tidak mendapat hadiah yang mestinya sebuah laptop bisa saya miliki dan saya ingin sekali menghadiahkan buat adik saya yang saat itu kuliah di Surabaya. Kecewa, gondok, misuh-misuh, macem-macem lah rasanya.

Tapi tak masalah, live must go on...( ~_~) Ada kontes SEO lagi, ikut lagi sampai saya mengikuti beberapa kontes SEO yang cukup besar dan banyak para master SEO yang gabung. SERU banget!!! Pernah menang sih, tapi banyakan kalanya, meski langganan nangkring di halaman pertama tetap saja juaranya cuma sampai peringkat tiga ... hahaha

Sampai akhirnya saya merubah haluan blog yang biasa saya pakai buat kontes SEO menjadi sebuah website profesional yang menawarkan jasa SEO. Ya, aktivitas meladeni klien-klien saya inilah yang membuat blog ini mangkrak lama, tidak ada artikel-artikel baru.

Rindu rasanya untuk nulis-nulis artikel meskipun diselingi copas (tapi yang cerdas ya... hehehe), bisa menyapa teman-teman yang berkunjung dan berkomentar, berbagi pengetahuan khususnya di dunia SEO, dsb. Ada hal yang tidak didapat dari sekedar banyak visitor di blog, yakni komunikasi dan ikatan antar sesama blogger dan kawan-kawan netter. Apalagi setelah baca artikelnya mbak @lusitris disini, saya merasa kena pukulan telak sebagai seorang yang mengaku blogger. Terimakasih mbak @lusitris yang sudah berbagi tulisan keren tersebut, semoga membaca tulisan amburadul saya ini.

Menutup postingannya, saya ingin sekali melihat para blogger Indonesia semakin maju, semakin baik, ga cuma ngisi blog dengan asal copas, ga sekedar nyepam sana sini yang bikin tulisan bermanfaat jadi kayak tong sampah. Keinginan itu tentu juga harus dimulai dari diri saya sendiri dong. Saya juga ingin agar pembaca blog ini mengingatkan saya untuk merawat blog ini dengan konten-konten yang bermanfaat buat pembaca. Semoga saya bisa lebih sering lagi update postingan blog ini karena saya merasa nge-blog sudah menjadi bagian dari hidup saya.
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑