26 Mar 2015

Amazing Traveller Series : Kota Sabang, Di Ujung Barat Indonesia Raya.

"Amazing Traveller Series : Kota Sabang, Di Ujung Barat Indonesia Raya." menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Kota Sabang adalah salah satu kota di Aceh tepatnya berada di Pulau Weh, Sabang juga merupakan kawasan zona ekonomi bebas Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatera, seperti Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, dan Pulau Weh sebagai pulau terbesar di Kota Sabang. Untuk para traveller sejati indonesia, Ada banyak objek wisata dengan keindahan panorama laut dan pantai yang dapat dinikmati di kota ini, So Selamat Berlibur....

Sabang Tourism Maps


Pulau Weh

Pulau Weh merupakan salah satu tujuan wisata alam yang terkenal dengan keindahan taman lautnya, para Amazing Traveller dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti berselancar, menjelajah dengan perahu, memancing, snorkeling, dan menyelam. Menikmati alam bawah laut Pulau Weh merupakan daya tarik utama di objek wisata ini. 

Keanekaragaman jenis ikan dan keindahan terumbu karangnya, baik terumbu karang yang keras maupun terumbu karang yang lunak dari berbagai jenis, bentuk dan warna, yang keseluruhannya membentuk gugusan karang yang indah untuk dinikmati oleh mata manusia. Beberapa spesies terumbu karang yang dapat ditemui di Pulau Weh yaitu Karang Lupas, Karang Rusa dan Karang Kerupuk. Sedangkan keanekaragaman spesies ikan yang dapat ditemukan selama survey termasuk di antaranya Chaetodon xanthocephalus, Pogonoperca ocellata, Stethojulis albovittatus, Chaetodon gardneri, Centropyge flavipectoralis, Halichoeres cosmetus, Genicanthus caudovittatus, Scarus enneacanthus, Zebrasoma desjardinii dan Scarus scaber.

Beberapa lokasi wisata lainnya yang terkenal di Pulau Weh adalah Pantai Iboih, Pantai Gapang dan Pantai Rubiah. Di dalam kawasan Pulau Weh juga terdapat Tugu Nol Kilometer yang terletak di ujung Pulau Weh. Tidak hanya itu, Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, Amazing Traveller pun akan dibuat terkagum-kagum dengan gua-gua alam yang digunakan untuk pertahanan tentara Jepang pada Perang Dunia II. Pulau Weh juga disebut sebagai pulau legenda yang memiliki nama lain “Golden Island” yang  pada abad ke 12, Sinbad mengadakan pelayaran dari Sohar, Oman, jauh mengarungi melalui rute Maldives, Pulau Kalkit (India), Sri Langka, Andaman, Nias, Weh, Penang, dan Canton (China). Sinbad berlabuh di pulau Weh dan menamainya Pulau Emas.

Pulau Klah

Pulau Klah merupakan sebuah pulau kecil yang masih menjadi bagian dari kota Sabang. memang pulau ini tidak terlalu besar, namun sangat indah, dan suasananya juga tenang dan nyaman, sangat cocok bagi para Amazing Traveller yang tidak suka kebisingan, ataupun sekedar mencari ketenangan, sisanya hanya suara serangga di dalam hutan dan deburan ombak saja.

Tepat di tengah-tengah pulau klah ini, ada sebuah mercusuar yang bertugas untuk memandu rute lalu lintas kapal saat malam hari, agar tidak karam di tengah berlayar dan ini memudahkan kapal-kapal yang berlayar untuk berlabuh di dermaga kecil Pulau Klah saat malam hari dimana keadaan mulai gelap.
Pulau Klah dan pantai gapang
Mercusuar ini dibangun oleh belanda pada masa penjajahan dulu, selain mercusuar, masih ada juga beberapa bangunan seperti rumah-rumah tua yang di bangun pada masa itu dengan arsitektur bangunan belanda. Di sekitar pantai pulau klah ini, terdapat bebatuan karang yang terjal-terjal, namun yang pasti tidak akan mengurangi rasa kekaguman para Amazing Traveller saat berlibur disini. Perairan di sekitar antara pulau klah dan pulau weh menjadi ladang emas bagi sebagian besar masyarakat kota sabang yang berprofesi sebagi nelayan.

Pulau Rondo

Pulau Rondo merupakan wilayah paling utara dari Republik Indonesia yang terletak di Samudera Hindia dan berbatasan dengan wilayah negara India, yaitu Kepulauan Nikobar. Di pulau ini anda juga bisa menikmati alam hutan yang indah dengan beberapa spesies burung serta tumbuh-tumbuhan semak yang mendominasi wilayah hutan ini. 
Tugu Nol Kilometer, Sabang. 

Bagi Amazing Traveller yang suka mancing atau menikmati ikan-ikan hias, disini juga ada banyak spot mancing yang membuat Amazing Traveller kelelahan karena umpannya selalu disambar ikan kakap, ikan kerapu, ikan tuna, ikan buntal dan banyak jenis ikan lainnya, setelah itu nantinya Amazing Traveller menemukan sebuah prasasti yang dibuat untuk menyatakan bahwa pulau ini adalah pulau paling utara atau titik Nol Kilometer di Indonesia. 

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah, dari sinilah cikal bakal perjalanan haji dari Indonesia pada tahun 1920-an. Di pulau inilah terdapat asrama haji pertama di Indonesia yang memiliki nilai yang sangat penting untuk masyarakat islam yang akan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci, dan bangunan ini masih bisa kita jumpai sampai saat ini. Selain asrama haji, tempat ini juga terdapat pelabuhan khusus untuk kapal-kapal yang berangkat membawa jamaah haji. Pulau Rubiah lokasinya tidak terlalu jauh bagi Amazing Traveller, hanya beberapa kilometer dari Pantai Ibouh, Pulau Weh, jarak tempuh selama 15-20 menit dengan menggunakan Perahu.
Taman Bawah Air Pulau Rubiah
Disamping memiliki nilai sejarah yang melekat bagi para jamaah haji tempo dulu, Pulau Rubiah juga merupakan salah satu Spot Diving terbaik yang ada di Indonesia, banyak dijumpai wisatawan asing maupun domestik yang melakukan aktifitas Diving di Pulau ini. jadi para Amazing Traveller jangan lupa untuk mencobanya.

Lokasi, Biaya dan Transportasi

Jika para Amazing Traveller yang mau wisata ke Kota Sabang, memang harus di tempuh dari jalur laut dari Kota Banda Aceh, naik Kapal Fery dengan harga Rp 20.000 an/orang dengan jarak tempuh 1 jam 30 Menit, kalau mau naik yang agak cepat, dengan menggunakan Speed Boat seharga Rp 60.000 an/orang dengan jarak tempuh 45 Menit. Setelah sesampainya di Sabang, tepatnya di Pelabuhan Balohan, ada beberapa pilihan angkutan umum yang bisa anda gunakan untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata. Contohnya taksi, Becak Motor (Bentor), dan Ojek.

Untuk taksi, ini bukanlah seperti taksi yang para Amazing Traveller bayangkan, taksi disini lebih seperti angkot, atau mobil angkutan umum biasanya, karena angkutan ini juga mengangkut penumpang lain seperti halnya angkot. Atau mungkin sejenis mobil travel dalam kota, seperti itulah kira-kira.

Namun yang membedakan adalah rutenya, rute yang di tempuh kendaraan taksi sabang ini dicocokan berdasarkan tempat yang ingin di tuju sang penumpang seperti halnya taksi. Jenisnya juga bermacam macam, ada Sedan, Kijang lgx, dan ada juga L-300. Untuk harga, masing-masing alat transportasi tersebut memiliki tarif yang berbeda-beda. Harganya di tentukan juga berdasarkan seberapa jauh jarak untuk mencapai lokasi tujuan anda. Jadi pandai-pandailah anda bernegosiasi dengan sang supir.

Dengan menggunakan kendaran-kendaran tersebut, anda pergi menuju Paya Seunara, atau ke Pantai Kreung Raya, dari Pantai ini lah anda akan bisa menyewa jasa boat untuk bisa menyebrang ke Pulau Klah.

Perahu dari pantai Iboih ke P. Rubiah : Rp. 30.000, Penginapan Rp. 60.000 sampai Rp. 750.000 tergantung fasilitas, Snorkel – Fin – Pelampung Rp. 40.000 sampai Rp. 100.000, Diving : Rp. 350.000 sampai Rp. 600.000 tergantung perlengkapan yang diminta.

Sumber : wikipedia, jalan2dotcom, indonesiadottravel, tambora-web-id

Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑