15 Okt 2012

Trik Meningkatkan Kecepatan RAM Tanpa Menambah RAM

"Trik Meningkatkan Kecepatan RAM Tanpa Menambah RAM" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

RAM (Random Access Memory) atau biasa disebut memory merupakan komponen komputer yang memiliki peranan penting bagi sebuah komputer. RAM menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi kecepatan kerja komputer. Dengan semakin banyaknya aplikasi komputer yang terinstall, maka kerja komputer semakin melambat karena keterbatasan kapasitas RAM yang kita gunakan. Kalo sudah kayak gini komputer jadi lemot, apalagi kalau agan buka aplikasi yang berat-berat.



Untuk menghemat biaya buat beli RAM lagi, ada satu trik meningkatkan kecepatan RAM tanpa menambah RAM secara fisik. Agan bisa membuat virtual memory dengan memanfaatkan harddisk ataupun flashdisk. Kok bisa?

Dilihat dari pengertian RAM diatas, ada kesamaan antara RAM dengan harddisk dan flashdisk, yakni sama-sama sebagai memory atau media penyimpanan. Bedanya RAM berfungsi menyimpan data yang bersifat sementara atau temporary sementara harddisk dan flashdisk berfungsi menyimpan data semi permanen. Kesamaan fungsi sebagai media penyimpanan inilah yang bisa kita manfaatkan untuk saling menyokong satu sama lain, yang artinya harddisk ataupun flaskdisk bisa digunakan untuk menambah kecepatan RAM.

Meningkatkan Kecepatan RAM Menggunakan Harddisk

Biar lebih gampang memahaminya, berikut trik meningkatkan kecepatan RAM menggunakan harddisk yang ane sajikan pake gambar:

Trik Meningkatkan Kecepatan RAM Tanpa Menambah RAM
Klik kanan My Computer -> Properties -> Advance -> Frame Performance klik Setting

Trik Meningkatkan Kecepatan RAM Tanpa Menambah RAM
Performance Option -> Advance -> Change

Trik Meningkatkan Kecepatan RAM Tanpa Menambah RAM
Pastikan Drive Volume di C. Pada Kolom Maximum Size isi dengan angka dua kali lipat dari kolom Initial Size kemudian Set -> Apply -> OK

Itu cara meningkatkan kecepatan RAM tanpa menambah RAM secara fisik, tapi menggunakan virtual memory dengan memanfaatkan harddisk sebagai medianya. Lanjut gan :-D


Meningkatkan Kecepatan RAM Menggunakan Flashdisk

Berikutnya cara meningkatkan kecepatan RAM menggunakan flashdisk sebagai medianya. Untuk yang ini agan perlu satu software yang namanya eBooster.exe. Agan bisa googling dulu deh, soalnya ane juga lagi belum mood buat nyariin :D


Semoga tulisan ane ini bermanfaat buat agan sekalian, terutama yang masih pada pake komputer pas-pasan kayak ane. Selamat mencoba trik meningkatkan kecepatan RAM tanpa menambah RAM.
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

2 komentar:

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑