17 Des 2014

Waspada Dampak Negatif SmartPhone

"Waspada Dampak Negatif SmartPhone" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Teknologi komunikasi terus berkembang hingga kini smartphone menjadi tren baru sebagai alat komunikasi. Tak sekedar alat komunikasi, kelebihan yang dimiliki smartphone memungkinkan penggunanya melakukan lebih banyak hal dengan gadget ini.

Smartphone layaknya asisten pribadi yang bisa membantu penggunanya dalam bisnis, tugas-tugas, menyimpan data, sebagai pengingat jadwal sehari-hari, dan banyak hal lagi yang bisa dilakukan dengan perangkat ini. Telepon pintar ini juga bisa dimasukkan berbagai aplikasi untuk chat, telepon, email, internetan, media sosial, hiburan, dsb.
Waspada Dampak Negatif SmartPhone

Kemajuan pesat dibidang teknologi komunikasi ini mendapat sambutan yang antusias oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia. Hampir semua lapisan masyarakat sudah mengenal dan menggunakan smartphone. Akan tetapi disisi lain, smartphone juga membawa dampak negatif terhadap penggunanya. Berikut beberapa dampak negatif smartphone yang harus kita waspadai.

Smartphone Mempunyai Radiasi Aktif

Mungkin anda mengetahui dampak radiasi pada manusia. DNAindia mencatat resiko kanker otak pada anak-anak dan remaja meningkat 400 persen akibat penggunaan Smartphone. Makin muda usia pengguna, makin besar dampak yang ditimbulkan oleh radiasi Smartphone.

Smartphone Membuat Anak Menjadi Anti-Sosial

Ini harus jadi point penting di dalam keluarga. Orang Tua harus membimbing anak-anaknya untuk tidak selalu bermain Smartphone. Terkadang, anak-anak cenderung lebih suka bermain game di Smartphonenya ketimbang bermain dengan anak-anak lainnya. Ini bisa menjadi Si anak Anti-Sosial yaitu, si anak ini tidak suka bermain dengan teman-temannya, dia cenderung lebih suka bermain game di dalam smartphonenya. Dalam point ini Orang Tua harus bersikeras kepada anaknya.

Terlalu Mengandalkan Teknologi Smartphone

Bukan main memang, teknologi Smartphone memang lah sangat canggih. Apakah itu membantu kita? Jawabannya mungkin, rata-rata orang selalu mengandalkan kecanggihan teknologi dari smartphone yang membuat kita lebih leluasa dalam mengerjakan suatu perkerjaan, tetapi ingat, teknologi itu hanya tangan panjang dari manusia untuk mempermudah pekerjaannya. Tetapi kita harus ingat jangan selalu mengandalkan teknologi, kita harus mandiri juga dalam hidup agar generasi kita tidak malas untuk berikutnya.

Sharing Yang Berlebihan Melalui Smartphone

Ini yang harus diperbincangkan. Mungkin para remaja mengetahui yang namanya “Gila Curhat”?. Mungkin anda suka BBM-an, Facebook-an atau Twitter-an dengan teman anda. Di benak saya, saya berpikir “mengapa banyak orang suka sekali dengan namanya curhat?” bahkan saya saja tidak pernah bercurhat kepada teman-teman saya, biasanya saya bercurhat kepada Orang Tua. Karena, Orang Tua selalu mempunya solusi positif kepada anaknya dan menasehati anaknya itu supaya mempunyai jalan keluar yang baik ketimbang curhat kepada teman anda. Mungkin dalam benak saya jika saya bercurhat kepada teman lalu, teman saya ini bilang kepada orang lain, itu berarti merugikan anda bukan?

Smartphone Membuat Lupa Akan Budaya Sendiri

Point Ini harus menjadi titik point penting dalam kita menjalani kehidupan. Anda selalu terpaku dengan Smartphone. Jika anda memang mengingat Suku Dani, Suku Baduy, Tari Piring, Tari Remo, Tari Jaipong dan lain-lainy, jika anda memang masih mengingat budaya tersebut dari Indonesia berarti anda masih cinta kepada Indonesia. Tetapi, jika anda lupa budaya-budaya dari Indonesia. Bagaimana cucu-cucu generasi kita dalam hal Indonesia.

Itulah beberapa dampak negatif penggunaan smartphone yang perlu kita waspadai. Waspada bukan berarti anti, namun cukup kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat untuk mengurangi dampak negatif smartphone tesebut. Semoga bermanfaat.

Sumber: Kaskus
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑