18 Des 2014

Trik Mengakses Situs yang Diblokir

"Trik Mengakses Situs yang Diblokir" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Beberapa situs mungkin tidak bisa Anda akses atau dibuka karena diblokir baik oleh provider internet (ISP) yang anda gunakan atau jika Anda menggunakan layanan umum (contoh : warnet, hotspot gratis, dll). Biasanya mereka membatasi akses terhadap situs-situs tertentu dengan berbagai alasan, situs perjudian, konten dewasa, dsb, atau karena memang membatasi situs-situs yang mungkin dapat mengganggu produktivitas kerja karyawan (semisal menggunakan akses internet kantor, sekolah, atau kampus).

Ada beberapa cara untuk dapat mengakses situs yang diblokir. Anda dapat mengikuti beberapa langkah alternatif berikut.

Cara Pertama: Gunakan IP Address Website

Anda bisa mendapatkan Internet Protocol (IP) Address sebuah website dengan cara melakukan ping kepada situs yang ingin anda akses atau kunjungi. Caranya (untuk Windows):
ping situs pemudaberbagi.com
IP Address Pemudaberbagi.com 162.255.119.254

  • Tekan tombol windows + R bersamaan, akan muncul dialog Run
  • Pada kotak dialog ketikkan "CMD" atau "cmd" tanpa tanda kutip. Akan muncul aplikasi dengan latar berwarna hitam bernama "Command Prompt"
  • Pada kotak dialog ketikkan "ping namasitus.com" (tanpa harus mengetik "http://" atau "www") kemudian tekan enter
  • Setelah itu proses ping akan berjalan dengan memunculkan empat baris ping reply (lihat gambar).
  • Pada contoh gambar, IP address pemudaberbagi.com adalah 162.255.119.254
  • Jika sudah mendapatkan IP addres, tinggal ketikkan alamat IP tersebut pada URL bar pada browser Anda.

Cara Kedua: Manfaatkan Google Cache

Google cache
Google cache untuk pemudaberbagi.com
Cara kedua ini cukup simple. Anda tinggal ketikkan "namasitus.com" pada kolom pencarian di Google. Pada hasil pencarian, terdapat panah untuk memunculkan tombol cache. Ketika anda klik tombol cache, maka akan tampil versi lama dari website tersebut. (lihat gambar)

Cara Ketiga: Menggunakan Proxy Server

Penggunaan proxy server dalam hal ini sebagai jembatan antara komputer Anda dengan situs terblokir yang ingin Anda kunjungi. Sebagai pihak yang menjembatani, jadi interaksi Anda sebenarnya tidak dengan situs yang diblokir (secara langsung), tapi melalui bantuan proxy server. Proxy server akan menampilkan situs yang diblokir atas permintaan Anda. Alurnya kurang lebih seperti ini:
Ilustrasi proxy server (credit: dhanztechsoft.blogspot.com)
Komputer anda <==> Proxy Server <==> Situs yang diblokir

Ada beberapa pilihan penggunaan proxy server, seperti web-proxy baik yang gratis maupun berbayar, mengganti IP dan Port pada koneksi internet di komputer Anda, software IP dan DNS switcher, ataupun penggunaan layanan VPN (Virtual Private Network).

Sebagai catatan bahwa trik mengakses situs yang diblokir ini hanya untuk membantu pembaca agar dapat mengakses situs yang bermanfaat. Pemudaberbagi.com tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan trik tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber: wikihow.com
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑