17 Agu 2014

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

"Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Yamaha R15 dan Yamaha R25 merupakan varian motor sport racing dari keluarga Yamaha R Series yang kencang. Kehadiran kedua produk terbaru Yamaha Motor ini memang cukup memikat pecinta motor sport di Indonesia. Popularitas Yamaha R15 dan R25 semakin meningkat dengan strategi pemasaran melalui media online yang telah terjual ribuan unit dengan angka penjualan yang terus meningkat setiap bulannya. Yamaha masih memimpin penjualan motor sport di Indonesia pada semester pertama tahun ini, dengan capaian 49.516 unit pada bulan Juni dan 271.658 unit sepanjang 6 bulan pertama 2014. Hal ini sejalan dengan slogan Yamaha yang “SEMAKIN DI DEPAN”.

Pada kesempatan ini, saya mencoba mengulas satu persatu secara mendalam kedua produk tersebut dalam tulisan yang saya beri judul “Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang”. Tulisan ini saya persembahkan sebagai referensi bagi para pembaca, khususnya para pecinta motor sport di tanah air atau anda yang sedang mengidam-idamkan motor sport impian anda ini. Semoga melalui ulasan di bawah, anda mendapatkan informasi yang memuaskan.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Yamaha R15 – Keep Cool and Ride R15

Selama ini kita tahu Yamaha V-ixion menjadi salah satu motor sport paling diminati di Indonesia dengan angka penjualan tertinggi untuk segmen motor sport. Dengan kesuksesan V-ixion memikat konsumen Indonesia, di tahun 2014 ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ingin mengulangnya kembali dengan peluncuran motor sport racing berkapasitas 150cc, Yamaha R15. Berbeda dengan Yamaha V-ixion yang mengusung style streetfighter, Yamaha R15 menampilkan gaya motor sport full fairing dengan desain yang sangat macho dan stylish.

Dalam beberapa bagian, Yamaha R15 memang memiliki kemiripan dengan V-ixion seperti body dan spesifikasi mesin yang ada dalam motor berkapasitas 150cc terbaru ini. Akan tetapi, Yamaha R15 dihadirkan dengan keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kompetitornya dan membuatnya “SEMAKIN DI DEPAN”.

Spesifikasi Yamaha R15

Yamaha R15 marupakan motor sport racing dengan bentuk full fairing yang sangat sporty dengan menampilkan berbagai unsur motor sport modern yang tampak pada body kitnya. Body motor berdimensi 1,955 x 0,66 x 1,070 (P x L x T / m) ini begitu gagah dengan jarak terendah ke tanah adalah 160 mm dan memiliki bobot total 136 kg.


Tampilan gagah Yamaha R15 juga didukung dengan dual lamp yang berbeda pada headlamp nya sehingga mampu memberi pencahayaan secara maksimal. Selain itu, motor sport racing yang kencang berkapasitas 150cc ini dilengkapi aluminium swing arm dengan desain layaknya superbike yang menjadi inovasi pertama di Indonesia. Untuk urusan starter, motor sport Yamaha R15 ini menggunakan sistem electric starter.


Speedometer Yamaha R15 tampil dengan inovasi yang lebih segar ala superbike. Dengan rancangan multifungsi berdesain mutakhir yang membuat tampilannya lebih sporty penuh gaya. Mengkombinasikan bentuk digital untuk speedometer dan indikator bahan bakar serta bentuk manual untuk tachometer.


Racy Hand Grip didesain langsung oleh Valentino Rossi VR46 dengan desain sama dengan YZF-R1. Desainnya memastikan kesempurnaan gengaaman yang nyaman, mantab dan tentu keren.


Untuk urusan rangka, Yamaha R15 menggunakan rangka yang kokoh ala super bike yang tentu gagah dan awet. Meski demikian, Yamaha R15 tetap menggunakan rangka khas Yamaha yang mengusung sistem delta box untuk mendukung efisiensi bobot motor sehingga dapat melaju lebih kencang.


Jok didesain bergaya super bike sejati dengan bentuk anti slip untuk memastikan kenyamanan berkendara dan tampil lebih percaya diri. Tampilan jok seperti ini memberikan kesan lebih sporty dan stylish pada Yamaha R15.


Yamaha R15 menggunakan ban yang lebih lebar dan kokoh dengan velg racing sehingga mampu mencengkram aspal lebih sempurna. Hal ini memberikan kestabilan berkendara bahkan dalam kecepatan tingi sekalipun.





Kita lanjutkan mengulas masalah mesin. Motor sport racing Yamaha R15 ini telah menggunakan teknologi injeksi (fuel injection) sehingga mesin mampu memberikan tenaga yang lebih maksimal dengan penggunaan bahan bakar lebih minimal. Motor sport 150 cc ini semakin responsif dan kencang dengan transmisi mencapai 6 percepatan. Tipe mesin Yamaha YZF-R15 ini adalah 149,8 cc, 4 langkah dan 4 valve SOHC, dengan pendingin silinder tunggal. Dengan spesifikasi mesin ini, Yamaha R15 mampu mencapai tenaga maksimal 16,83 dk / 8.500 rpm dengan torsi puncak 15 nm / 7.500 rpm.

Detail Spesifikasi Yamaha R15


DIMENSI Yamaha R15

P x L x T
: 1.975 mm x 660 mm x 1.070 mm
Jarak sumbu roda : 1.345 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 800 mm
Berat isi : 136 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 L
MESIN Yamaha R15

Tipe mesin
: 4 langkah, 4 Valve SOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder : Silinder Tunggal / Tegak
Diameter x langkah : 57,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi : 10,4 : 1
Daya maksimum : 12,2 kW / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 14,5 Nm / 7.500 rpm
Sistem starter : Electric Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total = 1,15 L
  Berkala = 0,95 L
  Ganti filter oli = 1 L
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System
Tipe kopling : Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6

Pilihan Warna dan Harga Yamaha R15



Yamaha R15 Midnight Black

Yamaha R15 Racing Blue

Yamaha R15 Supernova Red

Dengan desain body, rangka dan spesifikisi mesin yang disematkan pada motor sport racing yang kencang, Yamaha R15, tentu akan lebih sempurna bila dipadukan dengan pilihan warna yang menambah kegagahan tampilannya. Ini yang juga turut menambah siapapun yang menungganginya semakin macho dan merasa lebih percaya diri. Yamaha R15 hadir dengan tiga pilihan warna yang bisa menjadi pilihan anda, yakni Midnight Black (hitam dan abu-abu), Supernova Red (Merah-Putih), dan Racing Blue(Biru-Putih) seperti tampak pada gambar. Untuk urusan harga, perusahaan berlambang garpu tala ini telah mematok harga resmi sebesar 28 juta rupiah, seperti terpampang di situs resmi penjualan online Yamaha R15, http://www.iwantyamahar15.com.
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑