8 Apr 2015

Amazing Traveller Series : Pesona Bali di Wisata Kota Ukir Jepara Jawa Tengah

"Amazing Traveller Series : Pesona Bali di Wisata Kota Ukir Jepara Jawa Tengah" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Jepara merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang banyak menawarkan beragam keindahan alam dan pesona wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi bagi para Amazing Traveller. Daerah yang terkenal sebagai salah satu sentra penghasil ukiran kayu di Indonesia dengan kualitas ekspor, juga mempunyai keindahan alam yang bagus terutama dengan keindahan alam pantainya. Sebagai kota yang terletak di wilayah paling utara di Jawa Tengah maka tak heran lagi jika Jepara memiliki tempat wisata pantai yang cukup banyak. Salah satu tempat wisata di Jepara yang terkenal hingga ke mancanegara adalah Kepulauan Karimunjawa, sebuah destinasi wisata bahari yang paling menarik di Jawa Tengah.

Inilah tempat-tempat yang wajib dikunjungi para Amazing Traveller ketika berada di Jepara

1. Taman Nasional Karimunjawa
Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan sebanyak 27 pulau yang terletak di Laut Jawa, berjarak 83 km di arah barat laut kota Jepara yang memiliki luas area sebesar 107.225 ha, Karimunjawa juga telah dinobatkan sebagai cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia khususnya di Jepara yang sangat terkenal, inilah tempat terbaik bagi Amazing Traveller untuk merasakan pengalaman wisata bahari di Jawa Tengah.

Pantai Karimunjawa
Taman Nasional Karimunjawa memiliki tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Pesona biota lautnya di antaranya adalah 242 jenis ikan hias, 133 genera akuatik, hingga lebih dari 90 jenis karang keras. Beberapa biota laut yang ada di Karimunjawa ini adalah biota yang dilindungi oleh pemerintah. Beberapa destinasi wisata bahari di Indonesia yang mengagumkan seperti Karimunjawa ini juga bisa Amazing Traveller temukan pula di kawasan wisata Bunaken di sulawesi dan Raja Ampat di Papua.

Objek wisata Jepara ini menyuguhkan berbagai olahraga air yang seru, menyelam, snorkeling, memancing, berenang, berjemur, atau menjelajahi lautnya yang jernih. Selain itu, berbagai keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata para Amazing Traveller di tempat wisata Jepara yang satu ini. Salah satunya adalah terdapatnya pemukiman dua suku yang antara lain suku bugis dan suku jawa, di wilayah Karimunjawa bagian Utara Amazing Traveller akan disuguhkan bentuk rumah panggung yang merupakan rumah bagi suku Bugis, sedangkan di bagian selatan Amazing Traveller disuguhkan bentuk rumah joglo yang merupakan bentuk rumah asli suku jawa, walaupun ada beberapa rumah sudah terkena arus modernisasi.

Pesona Karimunjawa

Ada banyak kegiatan wisata memikat yang dapat Amazing Traveller lakukan di Karimunjawa. Karakteristik seluruh pantai di Karimunjawa memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang, berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan.


2. Museum R.A. Kartini
Terletak di sebelah utara alun-alun kota Jepara, Anda akan begitu mudah mendapati salah satu tempat wisata di Jepara ini. Museum R.A. Kartini adalah objek wisata sejarah Jepara, menjadi tempat penyimpanan berbagai koleksi peninggalan RA Kartini, juga benda-benda peninggalan maupun foto- foto dari kakak kandungnya Drs. RMP. Sosrokartono, serta terdapat pula berbagai benda-benda purbakala periode abad ke-7 di era Ratu Shima penguasa kerajaan Kalingga di daerah Keling Kabupaten Jepara pada masa itu.


Di museum RA. Kartini ini juga, Anda dapat menyaksikan kerangka ikan raksasa “Joko Tuo” sepanjang 16 m dan lebar 2 m dengan berat 6 ton. Ikan tersebut ditemukan pada tahun 1989 di Pulau Karimunjawa dalam keadaan mati, namun masih meninggalkan sisa-sisa daging.

bagi para Amazing Traveller datang ke Musium ini, mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Untuk dapat masuk, Amazing Traveller harus membayar tiket masuk museum RA. Kartini sebesar Rp 2 ribu per orang pada hari biasa, dan Rp 3 ribu di saat akhir pekan dan hari libur.

3. Benteng Portugis
Benteng Portugis yang ada di Jepara merupakan sebuah cagar budaya yang dilindungi, memiliki panorama alam yang memikat dengan suguhan penorama bukit, pantai, serta hamparan batuan sedimen yang memukau. Benteng Portugis ini dibangun di atas bukit batu yang berposisi di pinggir laut, di bagian utara benteng persis berhadapan dengan Pulau Mondoliko.


Pada jaman dahulu, benteng ini memiliki peran strategis dalam mengontrol jalur pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia bagian timur dan sebaliknya, serta digunakan juga sebagai benteng pertahanan. Benteng yang terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo ini menawarkan keindahan alam yang disukai banyak kalangan Amazing Traveller.

4. Pantai Kartini
Inilah tempat wisata di Jepara yang paling menarik bagi wisatawan keluarga. ditempat ini ada berbagai wahana permainan anak-anak seperti (komedi putar, mandi bola, perahu arus), dermaga, dan aquarium kura-kura. Lokasi pantai ini begitu strategis, terletak di antara rute perjalanan wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.


Pantai Kartini merupakan pantai yang menjadi tempat bermain RA. Kartini semasa kecil bersama dengan saudara-saudarinya. Untuk dapat masuk, Amazing Traveller harus membayar tiket masuk Pantai Kartini sebesar Rp 3 ribu per orang, belum termasuk tiket parkir untuk kendaraan roda dua, roda empat, dan bis. Di akhir pekan dan hari libur, harga tiket masuk pantai Kartini menjadi Rp 5 ribu per orang.

5. Pantai Bandengan (Pantai Tirto Samudro)
Pantai bandengan terletak di arah utara kota Jepara sejauh 7 km dari pusat kota, pantai Bandengan adalah sebuah pantai di Jepara dengan air yang begitu jernih dan bersih, memiliki hamparan pasir putih yang indah. Di kawasan pantai ini pula Amazing Traveller dapat menikmati panorama sunset yang menawan.

Ada banyak kegiatan menarik yang dilakukan Amazing Traveller di Pantai Bandengan, di antaranya berkemah, volley pantai, hingga sepeda santai. Tempat wisata Jepara yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai tempat ajang permainan motor cross serta pertunjukan festival layang-layang skala regional, nasional, maupun internasional.

6. Pulau Panjang
Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang dengan pantai berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat pulau ini cukup jernih dan tidak berarus, sehingga merupakan tempat yang aman bagi Amazing Traveller yang ingin berenang, snorkeling, atau bermain kano. Pulau ini mempunyai luas 19 ha dan dapat ditempuh dari dermaga di Pantai Kartini yang hanya berjarak 2.5 km.

Mengelilingi pulau dengan berjalan menyusuri pantai atau menyusuri jalan (paving block) sambil menikmati pemandangan adalah kegiatan menarik lain yang sering dilakukan wisatawan.

Bagian tengah pulau ini adalah struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dan menjadi tempat bagi burung laut untuk bermalam dan berkembang biak. Untuk dapat sampai di tempat wisata Jepara yang satu ini, Amazing Traveller harus membayar tiket perahu wisata yang akan mengantarkan Anda ke pulau sebesar Rp 12 ribu dari dermaga Pantai Kartini. Dan tiket masuk Pulau Panjang adalah sebesar Rp 3 rbu per orang, Anda memiliki waktu satu hari penuh untuk menikmati kawasan wisata Jepara yang satu ini.

7. Pantai Teluk Awur
Pantai yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Jepara ini adalah salah satu objek wisata Jepara yang menarik. Cara paling populer dilakukan wisatawan untuk menikmati pantai ini adalah berenang dan bermain air laut.

Pantai Teluk Awur adalah destinasi wisata yang tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk, alias masih gratis, karena belum adanya pengelolaan dari pemerintah daerah. Kondisi air laut yang bersih dan jernih serta tidak dilewati berbagai kapal dan perahu membuat pantai di Jepara yang satu ini disukai wisatawan sebagai destinasi untuk menghabiskan akhir pekan mereka.

8. Air Terjun Songgolangit
Objek wisata Jepara ini dinamakan sebagai “songgolangit” karena jika dilihat dari bawah, maka air terjun tersebut tampak seolah sedang menyangga horizon langit. Terletak di Desa Bucu, Kecamatan Kembang sejauh 30 km arah utara dari pusat kota Jepara, Air Terjun Songgolangit memiliki ketinggian 80 m dengan lebar 2 m.


Udara yang segar dengan panorama alam yang indah adalah daya tarik dari air terjun di Jepara ini. Di tempat ini pula, ada banyak kupu-kupu dengan warna-warni yang indah. Menurut kisah masyarakat setempat, konon air terjun ini ditunggui oleh sepasang suami isteri yang ikut menjaga kenyamanan para wisatawan untuk menikmati keindahan di kawasan air terjun, sebab para wisatawan adalah tamu yang perlu dihormati dan dijaga keamanannya dan kenyamananya.

Transportasi dan Akomodasi

Untuk menuju Kota Jepara, para Amazing Traveller tak usah bingung, karena banyak moda transportasi angkutan umum yang disediakan. jika Amazing Traveller berada dari kota diluar jawa tengah, Amazing Traveller transit dulu di Kota Semarang, setelah itu menuju terminal terboyo dan melanjutkan perjalanan menuju Kota Jepara dengan menggunakan bis dari terminal terboyo. Nanti sesampainya di kota jepara, tinggal tanya saja dengan penduduk lokal, angkutan umum yang menuju tempat-tempat wisata yang ada di Jepara.

Untuk penginapan Amazing Traveller juga tak perlu khawatir, karena banyak penginapan yang disediakan di kota jepara, seperti hotel D'Season Premiere Hotel Jl. Pariwisata 09 Bandengan, Ocean-View Residence di Desa Tegalsambi Rt.01/Rw.01, Tahunan. Hotel di Karimunjawa - Kura Kura Resort, Arys Lagoon Bungalow & Hotel, Menjangan Resort, Hotel Nirwana Laut.

Sumber : initempatwisata, kabjepara, agoda
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑