15 Mei 2016

Pentingnya Safety Morning Talk

"Pentingnya Safety Morning Talk" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Pentingnya Safety Morning Talk
Kebijaksanaan dan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan bagian integral program perbaikan kondisi dan lingkungan kerja, yang mempunyai arti yang sangat penting baik untuk mencegah kecelakaan kerja maupun untuk peningkatan efisiensi dan produktivitas kerja.

Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing tentang Safety Morning Talk (SMT) dimana saya pada kesempatan yang lalu telah memaparkan tentang Sistem Management Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dalam SMK3 terdapat program K3 yang wajib untuk disusun oleh setiap perusahaan yang menerapkan SMK3. dalam program tersebut terdapat salahsatu kegiatan yaitu Safety Morning Talk.

Pertama apakah Safety Morning Talk ini? Safety Morning Talk adalah sebuah cara untuk mengingatkan karywan atau pekerja bahwa K3 bagian yang sangat penting dalam pekerjaan. Safety talk adalah pertemuan yang dilakukan rutin antara karyawan atau pekerja dan supervisor untuk membicarakan hal-hal mengenai K3. Safety talk cara termudah untuk melindungi karyawan atau pekerja dari cidera. Safety talk merupakan salah satu sarana penunjang dalam upaya mencegah terjadinya bahaya di tempat kerja, serta berbagai masalah pekerjaan dapat didiskusikan, untuk kemudian dapat diterapkan dan dipraktekan di lapangan.

Safety Morning Talk pada dasarnya bertujuan untuk menginformasikan bahaya-bahaya yang terdapat dalam suatu pekerjaan. Dalam kegiatan Safety Morning Talk para pekerja diberikan informasi tentang apa saja pekerjaan yang sedang berlangsung, informasi bahaya yang secara umum dan juga mengantisipasi bahaya tersebut. Yang paling sering dilakukan adalah peringatan untuk selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri dengan cara mengenakan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai dengan pekerjaan dan bahaya yang ada. Serta Penggunaan alat yang sesuai dengan pekerjaan.

Setiap SMT yang berlangsung akan dipaparkan oleh Safety Officer yang seyogyanya lebih mengerti bahaya yang ada di seluruh area kerja dan juga para supervisor dan management yang merupakan ujung tombak dari terlaksananya program K3 di area kerja (proyek). Jadi jangan beranggapan bahwa Safety adalah yang bertanggung jawab pada K3 namun seluruh pekerja yang berada dalam area tersebut. 

Safety Morning Talk atau SMT sangatlah penting, karena dapat meminimalisasi bahkan menghindari kecelakaan kerja di suatu area kerja. Oleh karena itu, disetiap perusahaan yang menerapkan SMK3 wajib melakukan SMT setidaknya 1 kali dalam seminggu jika lebih sering akan lebih bagus.

Demikian pemaparan kami tentang Safety Morning Talk, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. terimakasih
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories: ,

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑