17 Mei 2016

Soepeno Blog - Safety Meeting atau Safety Comite Dalam K3

"Soepeno Blog - Safety Meeting atau Safety Comite Dalam K3" menjadi topik pilihan dalam artikel kali ini. Tim Soepeno Blog menyajikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menikmati!

Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau sering disebut K3 dalam pelaksanaannya ataupun dalam penerapannya di lapangan atau dalam industri membutuhkan program yang jelas dan terawasi dengan sangat ketat. Demi terlaksananya program-program yang telah direncanakan setiap bagian dari industri(jajaran staf, Kepala divisi, Supervisor dll) akan selalu dikumpulkan dalam sebuah rapat yang khusus untuk membahas tentang safety atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terutama dalam komitmen setiap divisi dalam sebuah industri untuk K3.

Pertemuan ini sering disebut dengan Safety meeting atau safety comite yang dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu, minimal 1 kali dalam 1 bulan. Namun ada kegiatan pertemuan yang khusus diberlakukan untuk para pekerja yang sering dilakukan sebelum memulai pekerjaan yaitu safety morning talk dan tool box meeting. Untuk safety morning talk sudah kami paparkan pada pembahasan sebelumnya.

Safety Comite ini memebahas segala bentuk kegiatan safety di lapangan yang memang harus melibatkan semua bagian dari industri termasuk dalamnya jajaran petinggi dalam suatu perusahaan sebagai bentuk komitmen dalam K3. Dalam safety comite ini akan lebih dibahas masalah safety secara menyeluruh, diantaranya :

Dengan memenuhi semua ketentuan K3 yang berlaku dalm organisasi,seperti pengunaan alat keselamatan yang diwajibkan dan pensyratan K3 lsinnya.
  • Memasukkan isu K3 dalam setiap kesempatan,rapat manajemen dn pertemuan lainnya.
  • Secara berkala dan konsisten mengkomunikasikan keinginan dan harapan mengenai K3 kepada semua pemangku kepentingan.
  • Melibatkan diri dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan K3 seperti pertemuan keselamatan ,kampanye keselamatan dan kesehatan kerja,pertemuan audit K3,
  • Memberikan dukungan nyata dalam bentuk sumber daya yang diperluhkan untuk terlaksananya K3 dalam organisasi.
  • Memberikan keteladanan K3 yang baik dengan menjadikan K3 sebagai bagian internal dalam setiap kebijakan organisas
Kesimpulannya bahwa safety meeting diadakan untuk mencegah kerugian yang besar yang berasal dari para karyawan. Karena karyawan atau pekerja merupakan aset paling mahal bagi sebuah perusahaan.

demikian sekilas pandangan tentang safety meeting, andai ada kesalahan harap dikoreksi dan semoga menjadi pengetahuan bersama. Terimakasih
Temukan Soepeno Blog di berbagai media social:
Twitter: @SEOPeno
Facebook: Soepeno Blog

Categories: ,

0 comments:

Poskan Komentar

Copyright © Soepeno Blog

Up ↑